Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Lengkap Tempat Jual Online Terlaris dan Gratis beserta Panduannya

Tempat jualan online terlaris

Di masa digitalisasi saat ini marketplace merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung bisnis jualan terutama jualan online. Dengan demikian penting sekali bagi Anda untuk mendapatkan tempat jual online terlaris dan gratis di bawah ini.

Tips Memilih Marketplace untuk Jualan


Penting sekali bagi para pemula yang ingin memulai bisnis jualan online untuk memilih marketplace yang tepat dengan kebutuhan. Berikut ini merupakan beberapa tips dalam memilih marketplace yang tepat.

1. Kenali Sejarah dan Reputasi


Sejarah dan revolusi merupakan hal yang sangat penting terutama bagi para konsumen atau pelanggan termasuk Anda sendiri sebagai seller. Maka dengan hal tersebut untuk menarik para pelanggan dagangan, Anda harus mencari informasi mengenai latar belakang dan reputasi perusahaan tersebut.

Anda pun bisa melakukan riset mengenai pengalaman pembelinya. Biasanya platform dengan reputasi yang baiklah yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan jual beli.

2. Cek Ketersediaan Fasilitas dan Layanan


Untuk memudahkan Anda terhubung dengan para konsumen atau pelanggan, pastikan dahulu ketersediaan fasilitas dan layanan. Dengan fasilitas dan layanan yang lengkap, Anda akan semakin lebih mudah dalam menjalankan bisnis tersebut.

Maka dari itu, untuk mendapatkan marketplace terbaik Anda bisa membandingkan keunggulan fasilitas dan layanan marketplace satu dengan marketplace lainnya.

Penawaran fasilitas yang bagus dan lengkap dari platform jualan online akan membuat bisnis online Anda akan semakin mudah untuk berkembang. Semisalnya dengan adanya fasilitas nol biaya listing, widraw gratis, iklan gratis bahkan program promosi.

3. Pastikan Sistem Tingkat Keamanannya


Hal yang paling tidak kalah penting untuk Anda perhatikan dalam memilih marketplace yang tepat dan aman. Tingkat keamanan sebuah marketplace merupakan hal yang sangat penting untuk meminimalisir adanya kerugian dari pihak penjual maupun pembeli.

Terutama dalam kegiatan transaksi yang mengharuskan adanya keamanan ganda. Maka dari itu carilah marketplace yang benar-benar menjaga keamanan para penjual untuk menghindari kerugian.

Pilih marketplace yang memiliki tanggung jawab tinggi, sehingga jika nanti ada masalah Anda bisa melaporkan dan pihak marketplace dapat mengatasinya. Untuk mengetahui tingkat sistem keamanan ini, Anda bisa melakukan riset terhadap kepuasan penjual di suatu marketplace terkait.

4. Pilih Marketplace yang Ramai dan Memiliki Prospek Baik


Terakhir hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam mendukung perkembangan bisnis online Anda adalah dengan mencari Marketplace yang banyak dikunjungi atau ramai didatangi oleh pengguna.

Biasanya marketplace yang ramai dikunjungi merupakan marketplace yang memiliki latar belakang, prioritas dan kepuasan para pelanggan yang baik.

Semakin ramai para pengunjung di suatu marketplace maka semakin luas juga kesempatan dan jangkauan pengguna yang membeli produk toko Anda. Singkatnya semakin ramai pengunjung semakin bagus pula prospek bisnis dagangan Anda. Oleh sebab itulah penting tahu tempat jualan online terlaris dan gratis.

Penting juga untuk memahami prospek suatu marketplace di masa depan. Cara untuk memahami hal ini Anda bisa menganalisis, evaluasi dan melakukan survei marketplace terkait mengenai perkembangan bisnis onlinenya yang sedang berjalan.

Dengan pemahaman yang baik mengenai marketplace Anda bisa lebih yakin dan pasti untuk menjalankan bisnis online dengan menjual produk barang yang diinginkan di market tersebut.

Setidaknya itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam memilih marketplace yang tepat dan jelas. Jika Anda masih bingung mengenai platform terbaik untuk menjalankan bisnis jualan online, di bawah ini kami berikan beberapa daftar rekomendasinya.

Inilah 6 Tempat Jualan Online Terlaris dan Gratis


Ada banyak sekali pilihan tempat jual online yang gratis untuk Anda manfaatkan dalam memulai karir sebagai onlineshop. Diantara tempat online yang paling laris dan banyak digunakan ia sebagai berikut ini:

1. Marketplace Shopee


Tempat jualan online terpopuler yang banyak digunakan sebagai media marketplace oleh para penjual ialah shopee. Anda sudah pasti tidak asing lagi dengan platform satu ini.

Tampilan yang sederhana membuat para pemula lebih mudah mengoperasikan tersebut. Shopee merupakan aplikasi marketplace online terlaris dan tentunya gratis untuk dioperasikan oleh siapapun.

Banyaknya pengguna yang tidak hanya berasal dari Indonesia, marketplace yang bernamakan Shopee ini bisa Anda gunakan sebagai tempat jualan terbaik dalam menjangkau banyaknya pengguna.

Anda bisa menjual ragam produk, sebab marketplace ini pun menjual berbagai jenis produk mulai dari barang elektronik, gadget, fashion, alat perlengkapan rumah, kosmetik, makanan dan banyak lagi.

Dengan adanya event promo yang menjadi tawaran program shopee, Anda bisa memanfaatkannya untuk menarik konsumen dan meningkatkan daya jual beli.

Program promo yang biasanya hadir sangat beragam mulai dari cashback hingga gratis ongkir. Kemudahan melakukan aktivitas dagang melalui aplikasi Shopee semakin terasa, di mana syarat yang diberikan untuk menjual produk cukup simpel dan mudah.

2. Marketplace Tokopedia


Selain marketplace yang bernama Shopee, Anda pun bisa mengandalkan Tempat Jualan Online Terlaris dan Gratis yakni Tokopedia untuk dijadikan sebagai platform online shop Anda.

Tokopedia merupakan perusahaan internet yang memungminkan para individu dan pemilik bisnis di Indonesia untuk mengelola dan mengembangkan usahanya. Tentu saja Tokopedia menjadi tempat jualan online terlaris dan gratis.

Perusahaan ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pengguna baik dalam mengelola bisnis jualannya ataupun pengalaman berbelanja.

Tokopedia memiliki tampilan yang cukup friendly, lengkap dan tentunya memiliki mekanisme yang jelas. Hal ini membuat banyak para seller dan buyer yang aktif di platform ini.

Dengan adanya Tokopedia yang memberikan banyak program seperti promosi barang, gold merchant dan lain sebagainya.

Jadi tunggu apalagi? Kembangan usaha bisnis dagangan Anda bersama Tokopedia. Syarat yang diberikan oleh Tokopedia pun cukup simpel dan mudah untuk Anda penuhi.

3. Marketplace Blibli


Blibli mulai beroperasi di tahun 2011 sebagai platform e-commerce teratas Indonesia. Blibli sendiri merupakan e-commerce khusus yang merupakan buatan Indonesia, bergerak dengan basis bisnis yang terfokus pada B2B, B2C, dan B2B2C (Business to Business to Consumer).

Blibli adalah pusat perbelanjaan online yang menawarkan berbagai jenis produk mulai dari alat elektronik, komputer dan gadget, mode, alat kesehatan dan kecantikan, fashion, perlengkapan rumah, dekorasi, otomotif dan sebagainya. Menariknya lagi Blibli mampu menarik pengunjung dalam per bulan sebanyak 16.326.700.

Bahkan tak jarang pula Blibli membuat berbagai jenis program untuk menarik minat para pengguna. Salah satu program yang paling sering diadakan adalah event promosi, diskon atau potongan harga hingga cashback.

Begitupun dengan Anda, Anda bisa mengelola bisnis tersebut untuk menarik minat dengan memberi diskon pada produk Anda. Oleh sebab itulah, penting sebagai seller Blibli untuk mengetahui cara memberikan diskon di Blibli.

Untuk memulai jualan di Blibli, tidak jauh berbeda dengan jenis platform lainnya. Anda harus melakukan registrasi dan mengisi formulir sebagai keanggotaan seller yang. Dengan demikian Anda bisa mulai menjual produk barang Anda.

4. Marketplace Bhinneka


Bagi sebagian orang mungkin masih asing mendengar nama marketplace Bhinneka. Perjalanan Bhinneka cukup panjang dimulai di tahun 1993 sebagai distributor mesin cetak format besar. Kemudian beralih sebagai pionir e-commerce di Indonesia di tahun 1999.

Bhinneka dikenal sebagai marketplace yang menjual berbagai jenis barang elektronik sebagai produk andalannya. Umumnya Bhinneka tidak hanya menjual barang elektronik saja tetapi juga menjual jenis barang komputer dan gadget, peralatan rumah tangga dan aksesoris hingga peralatan listrik.

Dengan demikian jika Anda ingin membuka bisnis jualan barang elektronik bisa memulainya dengan Tempat Jualan Online Terlaris dan Gratis ini. Cara memulai jualan online di Bhinneka cukuplah mudah, Anda hanya harus melakukan registrasi dan mengisi formulir pendaftaran.

Setelah melakukan dua hal tersebut silahkan konfirmasi kembali email dengan membalasnya sebagai upaya mengaktifkan keanggotaan Anda. Jika keanggotaan telah aktif, Anda bisa mulai menjual atau mengiklankan produk barang.

Bhinneka sendiri merupakan platform paling laris, di mana banyaknya para pengunjung yang mendatangi website tersebut setidaknya 2.360.000 dalam per bulan.

5. Marketplace Orami


Bermula di tahun 2012 dengan nama sebelumnya adalah Bilna merupakan situs web dagang atau e-commerce yang didirikan oleh Ferry Tenka dan Gusmantara Ekamukti Himawan selaku founder Groupon. Nama Bilna ini kemudian berganti nama sebagai Orami di tahun 2016.

Mulanya Orami hanyalah situs perdagangan yang menawarkan alat kelengkapan bayi dan ibu hamil. Lalu memasuki tahun 2014, situs dagang ini menambahkan produk dagang dengan kategori kecantikan dan kebutuhan rumah tangga.

Tak tanggung-tanggung, Orami pun ikut maju di bidang layanan konten informatif dan pembuatan jaringan komunitas. Di tahun 2020, Orami mengaku telah didukung oleh ratusan brand ternama. Hal inilah yang menjadikan citranya semakin baik.

Tentu saja para pembeli yang melakukan belanja online mengutamakan citra dan kepercayaan platform. Oleh sebab itulah, Orami menjadi tempat terbaik untuk memulai bisnis Anda.

Cara memulai jualan online di Orami pun sangatlah mudah. Persyaratan yang harus dipenuhi hanyalah memiliki KTP asli, nomor aktif dan berusia di atas 18 tahun.

Ada banyak sekali keuntungan jika Anda memulai bisnis di orami terutama dalam membuat toko online dengan praktis serta event promo untuk menarik minat pembeli. Bahkan Anda pun akan lebih mudah lagi untuk mengatur katalog.

6. Marketplace JD.ID


Seperti marketplace pada umumnya JD.ID merupakan Tempat Jualan Online Terlaris dan Gratis yang mengkurasi banyak merchant untuk bekerja sama dan menjual produk-produknya, sama halnya dengan Blibli.

Kehadirannya dimulai sejak tahun 2015 berawal dari kongsi antara Jingdong (JD.com) di Beijing dan China dengan Provident Capital di Indonesia.

Dimiliki oleh PT Ritel Bersama Nasional, JD.Id hadir sebagai platform yang menawarkan berbagai jenis produk jualan mulai dari produk original seperti fashion, gadget, hingga peralatan perlengkapan rumah lainnya.

Untuk memudahkan para pembeli dalam melakukan transaksi melalui uang elektronik JD.ID pun bekerja sama dengan Kredivo sebagai mitra menyediakan metode pembayaran pay later.

Cara memulai jualan online di JD.ID sangatlah mudah, seperti pada platform marketplace lainnya Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu, mengisi formulir serta menyepakati persetujuan yang diberikan.

Tak hanya bisa diakses melalui aplikasi website, Anda pun bisa mengaksesnya secara aplikasi mobile.

Setidaknya itulah sejumlah tempat jualan online terlaris dan gratis yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingat, keenam marketplace memiliki perbedaan yang signifikan, maka cari yang tepat dengan keperluan Anda.

Tips Jualan Online di Marketplace


Setelah Anda mengetahui tips dan beberapa rekomendasi marketplace terbaik untuk mengelola bisnis online Anda kini Anda pun perlu tahu bagaimana cara berjualan secara online yang sukses.

1. Lengkapi Informasi Akun Toko


Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah melengkapi informasi akun toko online shop Anda. Informasi akun toko ini berupa nama toko alamat toko hingga deskripsi mengenai pelayanan toko Anda.

Hal ini dilakukan agar para pengguna dapat mengetahui informasi secara lengkap dan akhirnya yakin untuk membeli produk yang toko Anda jual.

Sebaiknya lengkapi informasi akun toko Anda dengan yang dibutuhkan oleh pembeli seperti jam operasional, estimasi pengiriman, dan produk-produk yang Anda jual.

2. Buat Foto dan deskripsi


Tips kedua yang harus Anda lakukan dalam menjalankan bisnis jualan online di marketplace yang Anda pilih piala dengan menambahkan foto produk beserta deskripsi.

Alangkah baiknya jika Anda menambahkan sebuah foto produk yang bersifat real dan menarik perhatian para pembeli. Meski begitu jangan sampai foto produk tidak sesuai dengan barang yang Anda jual.

Jangan lupa untuk menambahkan deskripsi mengenai produk yang Anda jual misalnya produk yang Anda jual merupakan pakaian Anda bisa menambahkan deskripsi mengenai ukuran pakaian tersebut serta informasi mengenai bahannya.

Dengan menambahkan informasi secara lengkap dan foto yang real, para pengguna bisa lebih yakin dan berakhir untuk memutuskan membeli dan menggunakan produk toko Anda. Jadi Buatlah deskripsi yang menarik singkat, padat dan jelas.

3. Berikan Fasilitas Layanan Pengiriman dan metode Pembayaran yang Lengkap


Sebagai bentuk kemudahan Anda untuk terhubung dengan pelanggan atau pembeli Anda bisa memberikan fasilitas layanan pengiriman serta metode pembayaran yang lengkap.

Anda bisa mencantumkan berbagai jenis layanan pengiriman atau ekspedisi mulai dari jasa cargo logistik atau ekspedisi lainnya.

Selain dari segi fasilitas pelayanan pengiriman Anda pun bisa menambahkan berbagai jenis metode pembayaran untuk memudahkan transaksi. Anda bisa menambahkan metode transaksi E-Wallet, rekening bank atau transaksi melalui pihak ketiga seperti minimarket.

Dengan demikian kelengkapan metode pengiriman serta pembayaran bisa menarik minat dan menyakinkan para pembeli untuk melangsungkan pembelanjaan di toko Anda.

4. Buat Event


Sebagai kunci sukses dalam menjalankan bisnis online Anda bisa secara rutin untuk membuat sebuah event promosi seperti diskon cashback maupun sekedar gratis ongkir (ongkos kirim).

Dengan promosi-promosi seperti ini toko Anda akan menarik para pengguna untuk membeli produk toko Anda apalagi jika Anda menjual produk barang yang dibutuhkan oleh si pengguna.

Membuat event promosi secara rutin dan berkala dapat meningkatkan daya beli. Singkatnya, event promosi ini obat dari sepinya minat atau daya beli.

5. Melakukan Strategi Iklan


Langkah terakhir dalam melakukan bisnis jual online yang sukses dan maju ia dengan melakukan iklan. Promosi dan iklan sama hanya memiliki visi untuk meningkatkan jual beli.

Bedanya dengan melakukan iklan, Anda tak perlu membuat pembiayaan tetapi membuatkan iklan dengan baik dan menarik.

Anda bisa memanfaatkan layanan iklan seperti AdSense maupun mengiklankan atau promosikan di media sosial seperti Instagram, Facebook dan media sosial lainnya.

Nah itulah 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan bisnis jual online secara tepat dan sukses.

Dengan penjelasan mengenai beberapa rekomendasi tempat jualan online terlaris dan gratis serta tips-tips dalam menjalankan bisnis online di atas bisa bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda. Semoga bermanfaat.