Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memulai Jualan Online di JD.ID, Lengkap!

Cara Memulai Jualan Online di JD.ID

JD.ID merupakan salah satu platform e-commerce yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia, pertama kali beroperasi di Indonesia pada November 2015. Sistem yang digunakan oleh JD.ID adalah sistem B2C (Business to Customer).
Bagi Anda pelaku bisnis pemula, bisa juga bergabung dan membuka toko online di platform ini. Cukup dengan memahami bagaimana cara memulai jualan online di JD.ID. Dengan membuka toko di JD.ID, Anda dapat mengembangkan bisnis agar lebih meluas dan dapat menjangkau customer yang lebih banyak, baik customer lokal maupun internasional.

Awalnya, JD.ID memang tidak menerima usaha perorangan, namun saat ini hal tersebut sudah tidak berlaku lagi. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk berjualan di tempat jualan online terlaris dan gratis!

Cara Memulai Jualan Online di JD.ID


  1. Buka situs JD.ID atau dengan menginput alamat https://www.jd.id/.
  2. Pada bagian atas laman situs, pilih Seller, lalu pilih Daftar sebagai Seller.
  3. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman Seller Center.
  4. Tentukan pilihan Anda, ingin menjadi Local Seller atau Cross Border Seller.

Daftar Sebagai Locall Seller


Untuk menjadi Local Seller, pada laman Seller Center pilih opsi Daftar Sebagai Penjual Lokal. Kemudian, masukkan nomor telepon dan email Anda, klik Next.

Setelahnya, Anda akan diminta mengisi data diri seperti nama Anda, nama toko di JD.ID, kategori dan jenis toko, nomor KTP dan NPWP, sekaligus mengupload scan KTP serta NPWP.

Lalu, konfirmasi perjanjian pendaftaran penjual. Apabila data yang diinput sudah benar semua, klik Daftar untuk verifikasi akun.

Daftar Sebagai Cross Border Seller


Dengan mendaftar menjadi Cross Border Seller, Anda dapat menjangkau customer luar negeri seperti Australia, Thailand, Singapura, Jepang, dan China. Tentunya hal ini menjadi peluang yang menjanjikan bagi bisnis Anda. Saat mendaftar, Anda dapat menggunakan akun Google, Facebook, atau LINE.

Pendaftarannya sama dengan cara memulai jualan online di JD.ID sebelumnya, yaitu pendaftaran sebagai seorang Local Seller. Jangan lupa untuk membaca perjanjian kerja samanya terlebih dahulu! Apabila Anda setuju dengan persyaratan dan aturannya, klik Submit dan isi informasi mengenai toko Anda.

Untuk nama toko, usahakan memilih nama yang sudah pasti karena Anda tidak dapat mengubahnya setelah resmi terdaftar.
Jika semua informasi toko sudah terisi, Anda perlu menyetujui perjanjian antara seller dengan JD.ID, klik Submit for Application yang kemudian akan berlanjut ke proses verifikasi.

Proses ini membutuhkan waktu dua hingga tiga hari kerja. Selalu periksa email Anda apakah status toko sudah disetujui. Jika akun toko sudah sudah disetujui, Anda dapat mengupload dan menjual produk melalui laman Seller Center.

Sangat mudah bukan untuk melakukan pendaftaran di JD.ID? Setelah prosesur pendaftaran berhasil, Anda dapat melanjutkan berjualan online dengan tahap berikutnya.


Tahapan Lanjutan Setelah Pendaftaran


  • Tentukan produk yang akan dijual, sehingga Anda dapat menentukan target pasar.
  • Cek ketersediaan produk yang akan dijual.
  • Jaga kualitas dari produk, karena bisa menjadi penilaian dari para konsumen. Tentu Anda tidak ingin mendapat penilaian negatif kan?
  • Jual produk yang orisinil, keaslian produk akan diselekai terlebih dahulu oleh tim JD.ID.
  • Lengkapi deskripsi produk secara detail dan sesuai foto agar customer merasa puas saat sedang memilih dan membeli produk Anda.

Demikianlah cara memulai jualan online di JD.ID. Tidak hanya pendaftarannya saja yang mudah, melainkan juga proses berjualannya memudahkan para sellernya. Anda tertarik untuk bergabung di JD.ID?