Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jadi Dropshipper Pemula 5 Langkah Pasti Sukses

Cara jadi dropshipper

Sebelum kita memulai pembahasan, ada baiknya kita mengetahui apa arti dropshipper bagi kita? Dropshipper adalah orang atau pihak yang berperan sebagai penjual dan juga bertindak sebagai perantara pelanggan dan pemasok dalam transaksi jual beli produk.

Jadi dropshipper adalah seseorang yang tidak menimbun produk dan hanya berbisnis dengan memasarkan produknya melalui media sosial atau toko online.

Ingin memulai bisnis tapi masih bingung dengan modal? Jangan khawatir. Bisnis dropship adalah jawabannya. Mengapa demikian? Bisnis dropship sangat mudah karena tidak membutuhkan banyak uang untuk menjadi dropshipper.

Ingin tahu lebih banyak tentang apa itu bisnis dropship? Artikel berikut ini akan membahas lebih detail tentang bisnis online untuk memahami manfaat beserta masalah bagaimana memulai bisnis.

Tips dan Cara Jadi Dropshipper Pemula


Bagaimana cara menjalankan bisnis dropship? Menjalankan bisnis ini sangat mudah jika Anda mengetahui proses bisnisnya. Bagaimana alur kerja untuk membangun bisnis online ini? Nah berikut ini cara memulai bisnis dropshipping.

1. Tentukan Supplier


Langkah pertama dalam model bisnis dropshipping adalah memilih supplier berdasarkan produk yang ingin dijual. Anda dapat menemukan informasi tentang penyedia di Internet atau mendapatkan informasi dari salah satunya.

Dalam menjalankan bisnis ini, kedepannya kita perlu meneliti pemasok kita dan memilih yang terbaik agar tidak ada pelanggan yang mengeluh karena produknya tidak sesuai. Jika Anda jauh dari pemasok, Anda dapat membeli beberapa produk untuk memeriksa kualitas produk.

Ingat bahwa peran pemasok sangat penting dalam menjalankan bisnis ini sehingga Anda harus berhati-hati dalam memilih pemasok. Apa saja tips untuk memutuskan pemasok untuk memulai bisnis dropship?

  • Saat mencari informasi pemasok seseorang harus memperoleh informasi sebanyak mungkin tentang informasi produk pemasok dan informasi pemasok. Reputasi pemasok dapat memberikan informasi tentang kualitas produk yang dijual sistem yang digunakan dll.
  • Sangat penting untuk mengetahui kampanye yang Anda gunakan. Kampanye juga menentukan reputasi Anda sebagai dropshipper. Ketepatan waktu dan kecepatan pengiriman akan menjadi kunci reputasi dropshipping Anda. Dan pastikan kampanye yang digunakan oleh pemasok mencakup area target pasar Anda.
  • Kustomisasi merek melalui dropshippers. Cari tahu apakah penyedia Anda dapat menyesuaikan merek yang Anda inginkan melalui dropshippers. Anda telah menyesuaikan produk dengan label merek Anda sendiri. Jika Anda sudah memiliki merek yang dikembangkan ini merupakan nilai tambah.
  • Untuk mengetahui metode dan prosedur yang digunakan dalam sistem hidrolik Untuk mengetahui sistem jatuh dan rencana. Akun dan akun ini seperti pendapatan dari pensiun dll. Dan buatlah perencanaan dan penjadwalan yang sederhana dan berguna untuk Anda.


Salah satu penyedia layanan dropshipping paling populer adalah situs web Dropshipaja yang menawarkan produk-produk khusus yang dapat Anda jual dengan keuntungan besar.

2. Mulailah Bekerjasama dengan Supplier


Setelah Anda mengetahui pemasok mana yang terbaik untuk Anda, selanjutnya Anda dapat memulai metode bisnis dropship berikutnya. Di mana Anda ingin berkolaborasi dengan pemasok? Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara supplier dan dropshippers.

Jika Anda bisa mencapai hal tersebut maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menjalankan bisnis dropship Anda. Terkadang, beberapa supplier membutuhkan dropshipper untuk menjual produk dengan harga tertentu. Pemasok tidak pernah menetapkan margin-20. 

Anda dapat menanyakan apakah Anda dapat menghasilkan lebih banyak dari penjualan. Namun produk dengan harga lebih tinggi dijual. Bukan hanya soal harga, tetapi memahami sistem dan prosedur yang saling menguntungkan saat berkolaborasi.

3. Tentukan Tempat Untuk Jualan


Setelah menemukan pemasok yang tepat dan menjalin kemitraan sekarang kita beralih ke metode bisnis dropship yang ketiga di mana Anda memutuskan di mana akan menjual. Putuskan apakah Anda ingin membangun situs web toko online Anda sendiri atau menjual di marketplace.

Saat ini keberadaan pasar dan sistem khusus dropship sangat membantu para dropshipper untuk menjalankan bisnis dropship. Jika Anda menggunakan website toko online sendiri, Anda harus membuat website untuk menampilkan produk yang Anda jual.

Jika anda memilih berjualan di marketplace anda tinggal dropship Shopee Tokopedia Booklapak atau marketplace lainnya. Putuskan di mana akan menjual produk dropship Anda mulai sekarang.

4. Membangun Merk dan Kenalkan Produk


Jika Anda sudah memiliki produk dan tempat untuk menjualnya, saatnya membuat brand dan kampanye untuk produk dropship Anda. Branding dan kampanye sangat penting dalam bisnis dropship karena ada banyak persaingan dalam bisnis ini.

Jadi Anda harus membuat brand dan kampanye semenarik mungkin untuk produk yang Anda jual. Buat merek unik untuk meningkatkan kesadaran pelanggan. Anda dapat lanjut membaca pada artikel ini untuk mempelajari cara membuat merek yang kuat.

Anda dapat menggunakan metode pemasaran digital yang saat ini merupakan teknik pemasaran yang efektif. Anda bisa menggunakan Google Ads Facebook Ads Instagram Ads SEO dll. Untuk mendapatkan pelanggan.

5. Layanilah Pelanggan Dengan Baik


Langkah terakhir dalam memulai bisnis dropshipping adalah melayani pelanggan yang membeli produk Anda. Yang paling penting adalah, layanan pelanggan terbaik. Pelanggan sering menanyakan detail produk yang bisa menjadi masalah bagi dropshippers.

Untuk memperbaikinya Anda perlu menjelaskan produk secara detail di titik penjualan Anda di pasar atau di toko online Anda. Dengan begini, saat pelanggan menanyakan detail produk Anda bisa mengarahkan pelanggan ke halaman produk.

Ingatlah bahwa memberikan layanan terbaik adalah kunci sukses dalam bisnis dropship Anda. Anda dapat membaca tips kami untuk pengiriman layanan yang lebih baik. Baca kiat-kiat ini untuk memahami cara memberikan layanan pelanggan terbaik.

Mengapa Kamu Harus Bisnis Dropship?

Bisnis online ini memiliki banyak keuntungan. Jenis bisnis yang memiliki banyak keuntungan selain menjadi bisnis dropshipping paling efektif di luar sana. Oleh karena itu banyak orang yang menganggap bisnis dropship sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Berikut adalah keuntungan dari bisnis dropship:

Modal kecil. Menjadi dropshipper sangatlah mudah karena bisnis ini hanya membutuhkan modal yang sangat kecil bahkan mengeluarkan modal nol rupiah saja sudah cukup. Sesuai penjelasan sederhana diatas jika anda hanya seorang broker dan anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli stok produk.

Bisnis ini hanya membutuhkan media mis. Membuat website toko online. Namun marketplace ini bisa Anda gunakan untuk menjalankan bisnis ini dan marketplace tersebut sudah memiliki fitur-fitur yang mendukung kegiatan dropshipping.

  • Waktu dan tempat yang fleksibel. Jika Anda menjalankan bisnis ini Anda pasti bisa bekerja kapan saja di mana saja. Anda tinggal melayani pesanan yang diterima dan mengirimkannya ke supplier. Anda bisa berperan sebagai dropshipper meski sedang berlibur. Yang terpenting adalah Anda memiliki koneksi internet untuk melakukan transaksi penjualan.
  • Mudah diimplementasikan. Tergantung pada situsnya tugas ini sangat sederhana dan Anda tidak perlu menjalankan pengembangan waktu untuk menangani tugas DropS ini. Berkat teknologi tugas kita menjadi lebih mudah. Ada banyak alat pemasaran digital yang dapat membantu Anda meningkatkan penjualan.
  • Apapun Penjualanya. Jika Anda menjalankan bisnis dropshipping Anda bebas menjual apapun yang Anda inginkan tanpa memikirkan apa yang akan dijual. Identifikasi apa yang ingin Anda jual lalu temukan pemasok terbaik untuk apa yang Anda jual.


Dengan brand yang kuat tantangan untuk meningkatkan reputasi akan mudah diatasi.

Bisa Mendapat Keuntungan yang tak Terduga


Seperti disebutkan di atas beberapa penyedia menetapkan keuntungan maksimum per opt-out yang mempersulit opt-out untuk memaksimalkan keuntungan.

Jika Anda meningkatkan margin keuntungan Anda akan sulit untuk mendapatkan pelanggan di sisi lain dengan harga rendah Anda akan memiliki margin keuntungan yang kecil tetapi peluang untuk mendapatkan pelanggan tinggi.

Solusinya adalah mencari supplier yang bebas menentukan harga jual produk sehingga Anda bisa mengatur harga di toko produk Anda.

Demikian informasi singkat tentang bisnis dropship. Drop shipping menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai bisnis online dengan mudah tanpa memikirkan modal yang banyak. Menarik? Jadi tunggu apa lagi? Ayo coba sekarang!