Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jualan Di Shopee Dengan Mudah Khusus Pemula

Cara jualan di shopee

Sebagai permulaan, Anda perlu tahu cara jualan online di Shopee. Saat ini jualan online menjadi tren yang berkembang di kalangan banyak orang. Banyak penjual baru bermunculan di berbagai situs e-commerce populer seperti Shopee.

Menjual secara online dapat menghemat uang Anda dan mengurangi modal kerja. Tidak perlu menyewa ruko dan membayar tagihan listrik. Anda tidak perlu mencetak brosur atau katalog.

Anda dapat melakukan segalanya dengan aplikasi Shopee. Tentunya apabila anda ingin beriklan, tentu biaya iklan yang anda butuhkan juga sangatlah terjangkau. Selain itu berbagai aplikasi media sosial dapat ditautkan ke Shopee.

Tren belanja online meningkat sejak pandemi. Keterbatasan aktivitas di luar rumah membuat banyak orang beralih ke belanja online untuk kebutuhan sehari-hari. Belanja online kini menjadi kebiasaan baru.

Banyak penjual memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka toko baru secara online di Shopee. Jadi bagaimana Anda bisa menjual dengan baik di Shopee? Laporan dari Halaman pengalaman Penjual Shopee, Untuk mulai berjualan di Shopee Anda perlu mengikuti beberapa langkah.

Berikut cara jualan di Shopee dengan cepat dan mudah


  1. Buat akun Shopee melalui aplikasi Shopee atau situs web Shopee. Buka situs dan pilih Mulai Jual atau Seller Center.
  2. Anda dapat mendaftar dengan akun Facebook, Google, Apple Anda atau klik Daftar untuk menggunakan nomor ponsel Anda.
  3.  Jika Anda mendaftar dengan nomor ponsel, masukkan nomor ponsel Anda dan lakukan proses verifikasi. Anda kemudian dapat membuat kata sandi untuk akun Anda.
  4. Anda dapat mengubah nama pengguna akun Anda dari menu Pengaturan atau Pengaturan Akun.
  5. Buat profil toko Anda di Seller Center atau aplikasi Shopee.
  6. Tetapkan alamat toko melalui Seller Center atau aplikasi Shopee.
  7. Konfigurasikan opsi pengiriman untuk toko melalui Seller Center ataupun aplikasi Shopee.
  8. Indeks Produk kemudian Masukkan Spesifikasi Produk, Deskripsi Produk, Tambah Foto Produk dan anda dapat memilih layanan pengiriman. Pastikan untuk tidak menjual barang yang dilarang oleh Shopee.
  9. Shopee memiliki banyak program dan kampanye yang dapat Anda ikuti untuk mencari pembeli.
  10. Setelah menerima pesanan, Anda dapat mengemas dan mengirimkan produk ke pembeli.

Ini adalah salah satu cara paling mudah dan praktis untuk berjualan di Shopee. Berjualan di Shopee memiliki banyak keuntungan. Apa manfaatnya? Salah satunya yaitu Untuk memudahkan pengelolaan toko online. Anda bisa berjualan di Shopee melalui layanan toko SIRCLO.

SIRCLO Store menyediakan fungsionalitas marketplace yang membantu menggabungkan toko online dengan e-commerce terbesar di Indonesia. Mulai dari Tokopedia, Shopee, Lazada, Bookly, Bukalapak, Elevenia Zilingo dll.

Dengan cara ini, Anda dapat mengelola inventaris berbagai produk di situs web pasar Anda dan melakukan transaksi pada setiap barang yang dijual. Fitur toko SIRCLO ini membantu Anda memproses pesanan dengan mudah dengan mengaktifkan pengiriman otomatis atau resi otomatis.

Oleh karena itu, tanda terima pesanan dan nomor tanda terima dapat dibuat secara otomatis untuk pemrosesan pesanan yang efisien. Tidak hanya itu, SIRCLO Store juga memungkinkan Anda memantau tren penjualan di setiap pasar melalui data analitik yang ditampilkan di dashboard.

Anda juga dapat mengunduh laporan penjualan dan transaksi lainnya dalam format XLSX.

Baca Juga:

Kenapa Kamu Harus Berjualan di Shopee?


Menurut penilaian China Brands, ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda berjualan di Shopee. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Dapat Meningkatkan Penjualan di shopee


Keuntungan terbesar berjualan di Shopee adalah Anda bisa meningkatkan penjualan secara signifikan. Menurut Statista, jumlah pengguna bulanan Shopee di Indonesia melebihi 1447 juta pada kuartal pertama 2022.

Informasi ini juga didukung oleh penelitian di bidang serupa. Selama tiga bulan terakhir (Desember Januari dan Februari) pengunjung toko-toko di Indonesia masing-masing adalah 1687 miliar dan 1419 miliar pengguna aktif.

Bahkan, Indonesia menjadi negara dengan pengguna aktif Shopee terbanyak di Asia Tenggara. Jumlah pengguna Shopee yang banyak merupakan peluang besar untuk meningkatkan penjualan toko Anda.

Mudah Mendapat Pelanggan Baru


Satu tantangan besar yang harus di hadapi bagi setiap pebisnis yaitu bagaimana mendapatkan pelanggan baru. Karena modal yang dibutuhkan untuk mendapatkan pelanggan baru tidaklah sedikit.

Terkadang, Anda perlu melakukan iklan berbayar atau mencetak selebaran baru. Dengan melakukan jual barang di Shopee, Anda tidak perlu kerepotan untuk mencari pelanggan baru. Karena pelanggan akan menemukan produk Anda secara online.

Anda dapat menjual kepada siapapun dan di manapun tanpa batas. Anda dapat menjangkau banyak target pasar baru tanpa menghabiskan banyak uang untuk iklan ataupun promosi.

Mudah Dalam Pengiriman Barang


Salah satu tantangan yang akan Anda hadapi saat menjual secara mandiri adalah saat mengantarkan pesanan pelanggan. Anda harus mengangkut pesanan pelanggan ke pengiriman logistik dan tentunya memakan banyak waktu.

Anda harus memasukkan alamat pengiriman secara manual karena jelas ini lebih rentan terhadap kesalahan pengetikan. Dengan berjualan di Shopee, Anda dapat memilih opsi pengiriman untuk toko Anda. Anda juga akan menerima kode pelacakan dan barang diterima saat Anda memesan.

Anda pun tidak perlu pusing menghitung ongkos kirim karena semuanya sudah diatur secara otomatis pada sistem Toko di shopee

Beberapa Tips Jualan di Shopee Agar Laris


Setelah mengetahui manfaat Shopee dan cara berjualan, sebaiknya Anda juga mengetahui beberapa tips ampuh agar penjualan Anda laris. Berikut adalah tipsnya.

  • Memulai Riset kata kunci atau mencari nama produk yang relevan dan paling banyak digunakan oleh penjual lain. Sejajarkan nama produk dengan hati-hati. Anda dapat menggunakan format ini Merek/Nama Toko - Nama Produk - Detail Produk (Ukuran Warna dll).
  • Gunakan foto dan juga video asli. Saat Anda menjual online hal pertama yang dilihat pelanggan Anda adalah foto dan video produk Anda. Tambahkan beberapa gambar dan video produk. Pastikan produk terlihat jelas.
  • Lengkapi deskripsi produk dan tuliskan semua fitur manfaat dan kegunaan produk. Anda juga bisa menuliskan detail syarat dan ketentuan untuk jumlah produk dan harga grosir.
  • Tingkatkan penjualan dengan berpartisipasi dalam program dan promosi Shopee. Anda juga dapat menjalankan promosi di toko Anda dengan menawarkan diskon atau pengiriman gratis. Selain itu Anda bisa mencoba penjualan grosir dan bundle.

Cara Menaikkan Produk di Shopee kamu


Setelah Anda mulai berjualan di Shopee, Anda dapat mencoba cara lain untuk menjual produk Anda lebih cepat. Salah satunya adalah dengan meningkatkan produksi. Tujuan dari fitur update produk di Shopee ini adalah untuk memudahkan calon pembeli menemukan produk Anda.

Ada 2 cara untuk melakuakan promosi suatu produk di Shopee. yaitu dapat dilakukan dengan melalui aplikasi shopee ataupun seller center. Anda dapat membuka halaman produk saya melalui aplikasi, dan kemudian memilih tombol 3 titik di bawah produk. Kemudian akan muncul pilihan upgrade produk.

Seller Central memungkinkan Anda mengunjungi My Ubers dan meningkatkan produk Anda ke opsi lain. Hanya maksimal 5 produk yang dapat ditingkatkan sekaligus dan berlaku selama 4 jam. Ini berarti Anda dapat meningkatkan produk lain hanya setelah 4 jam.

Nah itulah beberapa tips dan cara mudah bagi pemula untuk berjualan di Shopee. Ayo kembangkan bisnis Anda dan hasilkan lebih banyak penjualan!