Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Atasi Wifi Hilang Pada Windows 10

Mengatasi masalah wifi pada windows 10


Masalah pada wifi merupakan sebuah bug yang terkadang banyak pengguna windows 10 alami. Tak jarang dari mereka yang baru saja mengupdate komputer mereka ke windows 10 akan mengalami masalah koneksi wifi ini. Masalah yang sering terjadi adalah hilangnya ikon WiFi di komputer Windows 10 mereka secara tanpa tahu penyebab yang jelas.

Sebenarnya ini merupakan Kejadian sepele yang kerap membuat user windows 10 susah terkoneksi ke jaringan internet dan juga sulit dalam mengakses beberapa fitur yang memerlukan jaringan. Lalu sebenarnya, apa sih yang harus kita lakukan untuk memperbaiki jaringan WiFi yang tiba-tiba hilang?

Cara Perbaiki Wifi Windows 10:


Lakukan Update Pada driver WiFi

Yang pertama untuk dicoba yaitu melakukan pembaruan atau update pada driver wifi. Ini karena terkadang versi dari driver wifi yang kadaluarsa setelah melakukan update ke windows 10. Oleh karena itu, driver yang tadinya support pada OS sebelumnya bentrok dengan system Windows 10. Untuk melakukan update driver wifi ke versi yang baru jika mungkin tersedia, ikuti caranya seperti dibawah ini.

  1. Klik Start, kemudian cari Device Manager atau dapat langsung mengetik kan "Device Manager" pada kotak pencarian disamping menu start.
  2. Setelah itu, dibagian "Networks adapters", silahkan klik kanan pada driver WiFi, dan kalian klik "Update driver"
  3. Akan ada dua pilihan untuk melakukan update, silahkan kalian Pilih "Search automatically for updated driver software". Kemudian tunggulah sampai proses ini selesai.

Jika hal diatas sudah dilakukan namun masalah tidak kunjung hilang, coba langkah kedua dibawah ini. Sebagai catatan, driver pada windows 10 terkadang di ikut sertakan dalam bundle pembaruan OS. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu melakukan update pada Windows 10 ke versi terbaru.

Baca Juga: Cara Merawat Laptop Baru Agar Awet Dan Tahan Lama

Coba Restart Network Connections


Network Connections adalah suatu komponen penting yang bertugas menjaga koneksi internet bekerja secara normal. Dan pada suatu kondisi tertentu, mungkin sistem network connection ini mengalami erorr dan perlu direstart. Untuk melakukan restart pada komponen ini, ikutilah caranya seperti berikut.

  1. Silahkan tekan tombol "Windows + R", dan memudian ketikan "services.msc" tanpa tanda kutip dan tekan Enter.
  2. Selanjutnya, kamu cari "Network Connections", dan klik kanan kemudian klik start.
  3. Coba cek ikon wifi pada komputer kamu. Apabila ikon WiFi belum muncul, mungkin kamu perlu lakukan hal yang sama pada komponen dibawah ini:
  • Remote procedure call.
  • Plug and Play.
  • Remote Access Connection Manager.
  • Telephony.

Kembali Mengktifkan Visibilitas Ikon WiFi


Masalah ikon wifi hilang terkadang juga diakibatkan oleh pengguna tersebut tanpa sengaja. Ikon WiFi yang hilang biasanya dikarenakan ketidak sengajaan menonaktifkan visibilitas nya di Taskbar windows 10. Untuk memunculkannya kembali, berikut cara yang bisa kamu lakukan

  1. Pada tampilan desktop, silahkan klik kanan dan pilihlah "Personalize"
  2. Kemudian pilihlah menu Taskbar.
  3. Pada tampilan berikutnya, pilih "Turn system icons on or off".
  4. Pastikan status Network sedang aktif.
  5. Sekarang coba kamu check apakah ikon WiFi di komputer sudah muncul.

Check Network Adapter Troubleshooter


Fitur Troubleshooter pada windows merupakan salah satu fitur yang dapat membantu untuk mencari sumber segala permasalahan dan bisa langsung memperbaiki nya. Apabila kalian belum tahu tentang fitur ini, berikut cara menggunakan fitur Troubleshooter

  1. Klik Start, kemudian cari "Troubleshoot settings"
  2. Pipih "Internet Connections", kemudian klik "Run the troubleshooter"
  3. Silahkan menunggu sampai proses ini selesai. Terkadang fitur Troubleshooter akan langsung segera memberi kamu solusi apabila ada masalah yang ditemukan.

Cobalah restart Windows Explorer


Cara terakhir untuk memperbaiki ikon WiFi yang hilang adalah dengan cara me restart atau memuat ulang Windows Explorer dan berikut adalah cara melakukan nya:

  1. Pertama, klik kanan pada Taskbar dan kemudian klik Task Manager.
  2. Pada halaman tab Processes, carilah Windows Explorer.
  3. Jika sudah ketemu, klik kanan pada Windows Explorer, dan Restart.
  4. coba Cek apakah ikon WiFi sudah muncul.