Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Laptop Baru Agar Awet Dan Tahan Lama

Cara merawat laptop baru


Dikala ini laptop bukanlah lagi termasuk jajaran benda elegan, sebab hampir tiap orang saat ini sudah mempunyai perangkat laptop. Terlebih untuk generasi milenial, laptop merupakan salah satu perlengkapan yang saat sebuah kebutuhan yang wajib ada, baik itu untuk digunakan kebutuhan sekolah, permainan, kerja ataupun yang lainya.

Bagi kamu yang membeli laptop baru untuk pertama kalinya, pastinya mengasyikkan, terlebih laptop tersebut merupakan laptop impian yang dibeli dari duit hasil keringat kamu sendiri. Aku sendiri masih ingat dikala awal kali dapat membeli laptop baru, rasanya bahagia sekali. Namanya baru mempunyai benda impian, rasanya betah walaupun berlama- lama duduk di depan laptop tersebut, serta memperlakukan laptop tersebut dengan sangat hati- hati.

Menggunakan laptop baru dengan baik merupakan keharusan bila menginginkan sang laptop senantiasa awet dipakai serta tidak cepat  ada kerusakan. Kesalahan dalam perawatan malah menimbulkan benda ini cepat rusak bahkan tak dapat digunakan, biasanya ini terjadi untuk mereka yang belum mengerti seluk beluk metode dalam menjaga laptop yang baik serta benar.

Nah buat kalian yang baru saja memiliki sebuah laptop serta belum ketahui cara merawatnya, beruikut merupakan cara merawat laptop agar awet:

Rawatlah Hardware Pada Laptop

Hardware atau perangkat keras merupakan bagian laptop yang harus diutamakan perawatanya. Hardware yang perlu rutin kita rawat menyangkut keyboard, monitor, body, serta lain- lainnya yang intinya merupakan barang yang menempel di laptop atau dengan kata lain komponen elektroniknya.

Hindarkan laptop dari air serta suhu panas dan bersihkan bagian body laptop secara berkala, ini bertujuan agar meminimalisir terbentuknya penimbunan debu. Perhatikan pada lipatan serta lekukan, umumnya kotoran terletak di situ. Kalian dapat memakai sikat spesial laptop ataupun sikat gigi dengan sedikit membasahinya.

Untuk pembersihan dibagian dalamnya, kalian bisa terlebih dahulu meminta bantuan teman yang mahir untuk melepas body sebelum dilakukan pembersihan.

Terkadang kasus laptop cepat menjadi panas diakibatkan oleh penimbunan kotoran di bagian dalam body, paling utama di bagian kipas. Saya sendiri sempat hadapi perihal mengejutkan disaat membuka kesing laptop, terdapat banyak sekali kotoran yang membatasi ayau menyumbat lubang kipas. Ini yang menjadi pemicu utama mengapa laptop saya senantiasa panas saat digunakan.

dengan mensterilkan kotoran tersebut, suhu laptop akan menjadi normal saat sedia kala saat kita pakai. Oh ya, laptop ini aku bongkar setelah kurang lebih berumur 5 tahun masa pemakaian, jadi sangat normal jika terdapat debu- debu kecil yang bertumpuk membentuk semacam kapas serta menutup lubang kipas.

Jangan Mengoperasikan Laptop di Atas Kasur


Larangan ini bukan merupakan tanpa alasan. Sebab Ini sudah jadi umumnya mengapa mayoritas teknisi berkata persoalan demikian" jangan letakkan laptop di atas tempat yang empuk apalagi tidak terdapat ruang hawa disaat perangkat tersebut dioperasikan. Kipas laptop umumnya mengambil perputaran hawa dari body bagiannbawah, dan jikalau yang jadi peletakan dasar laptop tersebut merupakan sebuah kasur, bantal, ataupun barang empuk yang lain, dikhawatirkan hal itu akan menutup lubang perputaran kipas tersebut.

Bila ini terjadi sangat sering, laptop dipastikan akan kehabisan udara dingin yang umumnya diperoleh dari hawa dibawah laptop. Inipah yang banyak dibicarakan oleh orang mengapa laptop menjadi cepat sangat panas, sebab tidak memperoleh perputaran hawa dingin yang baik.

Pakailah charger Seperlunya


Laptop baru yang selalu ditancapkan pada pengisi energi atau charger dikala dioperasikan nyatanya dapat memperpendek usia baterai dan ini nyata.

Saya sangat sering menemui imbasnya dikala mengenakan laptop untuk permainan game, serta sepanjang 2 hari kabel charger selalu menancap. Dampaknya, baterai pada laptop baru akan jadi drop serta energi tidak dapat tersimpan secara wajar.

Untuk antisipasi hal tersebut, apabila penanda atau indikator baterai telah penuh, silakan lepas saja. Tancapkan kembali charger hanya bila baterai telah nyaris habis. Dengan demikian, usia baterai dapat lebih panjang dan laptop pun akan awet.

Memastikan Software Laptop Tetap Terupdate


Software merupakan seluruh aplikasi yang telah terinstal di dalam laptop, umumnya aplikasi yang terpasang merupakan OS Windows dan itu merupakan bagaikan operating systemnya. Selain OS ada juga aplikasi perkantoran semacam Microsoft Office. Kedua aplikasi di atas sangat jamak dipakai oleh orang Indonesia.

Aplikasi aplikasi tersebut perlu perawatan secara berkala agar tidak eror. Dengan melakukan update, ini supaya melindungi performance laptop senantiasa normal serta bebas dari virus.

Hanya Pasang Antivirus Bawaan Windows


Aku sendiri tidak pernah menginstall antivirus lain kecuali hanya apa yang dibuat windows itu sendiri, sebabnya lumayan sederhana, ialah, windows pasti lebih ketahui kebutuhan keamanan untuk aplikasi yang sudah mereka buat, kendati terdapat banyak aplikasi antivirus terbaik dari pihak ketiga, saya tidak pernah tertarik untuk memasangnya.

Buat pengguna Windows 7 dapat mengenakan Windows Security Essentials serta buat windows 10 dapat mengenakan Windows Defender. Keduanya ialah antivirus yang masih setia melindungi laptop yang saya miliki dari serbuan virus serta malware.