Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Agar Casing Komputer Tidak Nyeterum Atau Menyengat

Cara agar cpu komputer tidak menyengat


Pernahkah kalian menyentuh sebuah casing CPU komputer dan merasa disetrum atau tersengat aliran listrik? Meski tersengat listrik pada komputer tidak mematikan, akan tetapi sensasi tersebut sangatlah mengejutkan karena hal itu datang secara tak terduga. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Jika kalian memperhatikan colokan listrik, ada terdapat dua buah batang logam yang masing-masing bertugas mewakili arus dengan muatan listrik netral (-) dan juga muatan negatif (+). Akan tetapi dalam sistem ini memiliki sebuah kekurangan krusial yaitu tidak ada batang logam yang ketiga sebagai grounding. Tentu hal ini sangatlah lumrah pada sistem kelistrikan yang ada di Indonesia.

Grounding ini berperan pentung untuk menyalurkan arus listrik yang tak digunakan untuk dialirkan ke dalam tanah atau untuk isolator. Sehingga tak akan membahayakan bagi orang yang menyentuh alat elektronik termasuk cpu komputer ini.

Komponen pada cpu komputer bersifat konduktor serta pada banyak kesempatan, listrik akan bebas bebas mengalir kecasing CPU sehingga ini akan menimbulkan efek menyengat disaat kamu menyentuh nya. Jika kalian tak ingin tersengat oleh casing CPU komputer, berikut adalah langkah yang harus kalian ikuti.

Cara Agar Casing CPU Komputer Tidak Nyetrum Saat Disentuh


Cara mengatasi komputer menyengat listrik adalah membuat sistem grounding sendiri agar  listrik tersebut dapat di buang. Berikut merupakan bahan yang kamu butuhkan untuk membuat grounding dengan biaya murah dan sederhana:
  • Paku untuk di tancapkan ke dalam tembok atau ketanah
  • Kabel kaku atau kabel serabut dengan panjang menyesuaikan kebutuhan.
  • Alat elektronik yang meliputi baud, solder, dan isolasi

Apabila persyaratan bahan yang disebutkan diatas telah di siapkan, saatnya memulai langkah dalam membuat sistem grounding.

  1. Tahap pertama, matikanlah CPU komputer serta jangan lupa cabut colokan dari stopkontak listrik supaya kalian tidak teraengat disaat memasang grounding ini.
  2. Kemudian hubungkan atau lekatkan kabel atau tembaga dengan casing CPU memakai solder, baut atau menggunakan isolasi/solatip.
  3. Hubungkanlah ujung tembaga atau kabel yang lain kepaku, entah itu dengan cara di lilit ataupun di solder, kemudian tancapkan paku tersebut ke talam anah atau kedalam tembok kalian bisa memilih salah satunya.

Langkah yang terakhir ialah menyalakan CPU komputer agar kamu dapat memastikan apakah casing CPU komputer masih di aliri arus listrik atau tidak. Kalian dapat coba menyentuh ataupun memakai alat test pen apabila kalian khawatir tersetrum.