• Jelajahi

    Copyright © GIGA TEKNO
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tips penting Cara Jualan Online Laris Di Whatsapp

    11/15/22, 22:39 WIB Last Updated 2022-11-15T15:39:53Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Cara Jualan Online Laris Di Whatsapp

    Whatsapp saat ini menjadi media paling populer untuk jualan online. Data Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan, sebesar 83 persen dari 171 juta pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp.

    Melihat data ini merupakan peluang besar bagi Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan WhatsApp. Lantas bagaimana cara berjualan online di WhatsApp?

    Sebelum Anda mempelajari lebih lanjut tentang cara agar jualan online laris di whatsapp, Anda perlu memahami mengapa bisnis harus menggunakan WhatsApp untuk berjualan online.

    Alasan utama adalah untuk memudahkan perusahaan dan konsumen melakukan bisnis secara online tanpa interaksi tatap muka. Pelanggan juga merasa lebih mudah untuk menghubungi bisnis tanpa menginstal aplikasi tambahan.

    Hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggannya akan membangun loyalitas mereka. Itulah mengapa sangat penting bagi bisnis untuk memiliki cara jualan online di wa.

    Pelajari lebih lanjut tentang cara menjual online di WhatsApp dengan lebih baik dalam artikel di bawah ini.

    Berikut Tips Dan Cara Jualan Online Laris di WhatsApp


    Berjualan online melalui WhatsApp perlu didukung dengan strategi atau pendekatan tertentu. Tujuannya agar bisa menjual produk ke pelanggan.

    Berikut 13 Car Agar Jualan Online Laris Di Whatsapp


    1. Tentukan target Pembeli


    Langkah pertama untuk berjualan online di WhatsApp adalah memiliki tujuan atau sasaran. Setelah menentukan tujuan buat rencana pemasaran yang akan Anda lakukan sedetail mungkin.

    Jangan lupakan tujuan yang Anda tetapkan dan tentukan segmen pasar yang ingin Anda jangkau. Tujuannya agar upaya marketing atau pemasaran Anda lebih terarah. Sehingga diharapkan hasil yang maksimal.

    2. Memanfaatkan Kontak Yang Ada


    Cara kedua untuk berpromosi di WhatsApp adalah mengatur kontak khusus Anda ke dalam kategori yang berbeda. Dari sana Anda dapat melihat kontak mana yang berpotensi sebagai tindak lanjut atau kontak yang sudah lama tidak Anda hubungi. Anda juga dapat mengirim pesan kampanye sesuai kebutuhan.

    3. Bembuat konten marketing Masakini Dan Ikuti tren


    Cara berjualan online di WhatsApp selanjutnya adalah strategi pemasaran yang disebut content atau content marketing.

    Konten harus menarik calon pelanggan agar bisa bertransaksi. Oleh karena itu penting bahwa Anda membuat konten sesuai dengan tren pasar.

    4. Melakukan Personalisasi Pada pelanggan


    Tips lain untuk cara jualan di wa adalah dengan mengirim pesan yang dipersonalisasi. Pelanggan lebih menyukai pesan yang dipersonalisasi karena mereka merasa lebih dihormati dan bersahabat.

    Anda dapat menggunakan Makeri Kontak untuk metode personalisasi dan mengirim pesan kampanye yang dipersonalisasi ke beberapa kontak sekaligus.

    5. Memanfaatkan call to action (CTA)


    Pastikan Anda memasukkan ajakan bertindak ke dalam konten pemasaran apa pun sebelum mengirim siaran WhatsApp Anda ke pelanggan.

    Contoh kalimat Ajakan bertindak misalnya: Beli sekarang! Cara berjualan di WhatsApp ini penting karena CTA secara tidak langsung dapat mempengaruhi prospek atau pelanggan untuk melakukan transaksi.

    6. Gunakan Hanya Satu Nomor Untuk Jualan


    Nah cara jualan di whatsapp selanjutnya adalah dengan memisahkan kontak anda untuk berjualan dengan private number. Ini akan memudahkan untuk membedakan pesan pelanggan Anda dari pesan kolega Anda. Akun Anda juga akan terlihat lebih profesional.

    Jika Anda memiliki masalah dalam menangani permintaan pelanggan dan memiliki banyak pengelola Anda dapat menggunakan WhatsApp Business API.

    WhatsApp API memiliki kemampuan untuk mengakses akun WhatsApp dengan beberapa admin (multi-admin) secara bersamaan dari perangkat yang berbeda.

    7. Menggunakan akun WhatsApp Business


    Aplikasi WhatsApp Business dirancang untuk memudahkan penjualan produk di platform WA. Jadi lebih baik beralih dari akun pribadi untuk meningkatkan keuntungan bisnis WhatsApp.

    WhatsApp juga telah memperkenalkan WhatsApp Business API versi terbaru dari aplikasi ini dengan semua fiturnya. Fungsi WA API membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas transaksi jual beli.

    8. Membalas pesan dengan cepat


    Salah satu cara terlaris untuk menggunakan WhatsApp adalah dengan cepat menanggapi pesan pelanggan. Gunakan daftar penjawab otomatis yang dapat disesuaikan. Bahkan jika sistem Anda memberi Anda umpan balik Anda harus segera melayani pelanggan Anda.

    Anda dapat memberikan informasi tentang jam kerja di profil Anda. Sehingga pelanggan tahu kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan respon yang cepat.

    9. Manfaatkan broadcast massage


    Strategi ini masih cukup kuat untuk menarik lebih banyak pelanggan. WhatsApp menyediakan kemampuan untuk mengirim pesan ke beberapa nomor sekaligus dengan satu ketukan. Namun buatlah pesan yang menarik yang membuat orang ingin membacanya. Anda dapat menggunakan bahasa pribadi Anda sebagai orang yang mengirim pesan.

    Sebaiknya gunakan fitur pesan siaran untuk kampanye hanya pada waktu tertentu. Dengan cara ini Anda tidak akan mengganggu kenyamanan orang yang dikirim. Metode ini juga mengurangi kemungkinan pengguna lain memblokir nomor Anda.

    10. Gunakan WhatsApp Story


    Fitur ini pasti paling berguna untuk berjualan di WhatsApp. Yang harus Anda lakukan adalah membuat konten cerita Anda dari foto atau video. Tambahkan kalimat pengantar yang menarik untuk membuat orang ingin mempelajari lebih lanjut tentang topik Anda. Buat cerita di sore atau malam hari.

    Meskipun untuk tujuan penjualan sebaiknya tidak menampilkan semua cerita penjualan. Buat konten informatif yang meningkatkan kesadaran minat keinginan dan tindakan di antara mereka yang melihatnya. Hindari juga menulis terlalu banyak karena hanya akan mengganggu pengguna lain.


    11. Jalinlah hubungan dekat dengan pelanggan


    Cara berjualan di WhatsApp selanjutnya adalah memberikan kepuasan pelanggan melalui customer service yang prima. Berkomunikasi dengan memberikan wawasan yang berguna tentang produk Anda.

    Anda dapat secara proaktif mendekati pengguna Anda dengan memberikan informasi yang bermanfaat di WhatsApp.

    12. Konsistensi


    Cara berjualan di WhatsApp harus konsisten saat Anda terus membangun semua strategi pemasaran Anda. Namun jika muncul kendala di tengah jalan hal itu harus segera dikenali dan diperbaiki.

    Juga melakukan evaluasi secara berkala untuk menentukan strategi mana yang kurang efektif dan mana yang dapat diperbaiki di masa mendatang.

    13. Mengiklankan Jualanmu Secara Online Maupun Offline


    Strategi pemasaran online WhatsApp lain yang dapat Anda gunakan adalah mencoba mempromosikan bisnis Anda secara online atau offline. Bisnis online di WhatsApp harus diiklankan secara luas karena tidak dapat dicari berdasarkan nama atau lokasi saja.

    Jika Anda memiliki toko fisik sertakan nomor telepon WhatsApp perusahaan Anda sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukan Anda di ponsel mereka. Selain promosi online Anda juga perlu memaksimalkan iklan offline. 

    Memanfaatkan berbagai media sosial seperti twitter, Facebook dan Instagram. Buat profil tautan whatsapp bisnis Anda dan bagikan melalui semua media sosial. Saat pelanggan mengklik halaman Anda mereka secara otomatis terhubung ke bisnis WhatsApp Anda.

    Keuntungan Bisnis Online Jualan di WhatsApp


    Keuntungan utama berjualan online di WhatsApp adalah memudahkan Anda dalam melakukan jual beli bisnis Anda. Di mana Anda dapat menawarkan produk kepada pelanggan di WhatsApp tanpa menyimpan nomor mereka.

    Berjualan di WhatsApp sangat diminati kalangan bisnis karena dapat meningkatkan pendapatan dan sekaligus mengurangi biaya. Selain itu Anda bisa merasakan banyak keuntungan lain dari berjualan online di WhatsApp seperti:

    • Efektif menjangkau pelanggan dan calon pelanggan (prospek)
    • Menciptakan hubungan dekat dengan pelanggan
    • Menyederhanakan pemasaran perusahaan
    • Mempercepat pengiriman produk ke pelanggan melalui layanan lokasi bersama (ruang bersama)
    • Menyediakan layanan konsultasi langsung 24/7
    • Respon cepat terhadap pertanyaan pelanggan

    Cukup sekian artikel ini tentang cara agar jualan online laris di whatsapp. Semoga membantu buat anda yang sedang memulai bisnis online.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +