Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4+ Cara Aktifkan Iklan di Tokopedia

cara aktifkan iklan di tokopedia

Berjualan di toko online maupun memiliki sosial media jadi hal efektif saat ini mengingat era digital memaksa setiap penjual menggunakan cara baru dalam berjualan, seperti mengiklan di e-commerce jadi hal efektif bagi para seller. Umumnya, cara aktifkan iklan di tokopedia berguna agar produk yang dijual mudah dilihat pembeli di halaman pencarian.

Sementara itu, anda bisa aktifkan iklan manual di tokopedia dimana terdapat iklan top ads sehingga anda dapat memilih produk iklan dengan kata kunci manual atau otomatis. Pada kredit top Ads sendiri, produk anda akan terpotong biaya jika produk tayangan iklan di klik oleh pembeli.

Cara Aktifkan Iklan di Tokopedia


Banyak keuntungan jika anda mengaktifkan iklan di tokopedia dengan cara manual, diantaranya ada fleksibilitas produk dan bebas memilih cost payper click (CPC) sesuai anggaran yang anda tetapkan, lalu seperti apa mengatur iklan manual di tokopedia?

  • Masuk halaman seller Indonesia dan cari iklan promosi, kemudian tingkatkan kunjungan pembeli dengan pilih Top Ads
  • Pada halaman top Ads, anda pilih beriklan dan pilih iklan manual
  • Kemudian masukkan nama grup iklan yang ingin anda buat, sebelum itu anda harus memahami bahwa grup iklan merupakan grup dimana produk anda terbagi menjadi beberapa jenis untuk diiklankan sekaligus. Karena itu pastikan produk dalam iklan merupakan produk yang sama
  • Setelah itu pilih produk berdasarkan merek, kategori hingga jenis produk dalam satu grup. Tips memilih produk bisa memperbanyak wishlist, produk ulasan hingga produk yang ada pada etalase atau kategori
  • Jangan lupa tetapkan biaya anggaran dengan budget yang anda miliki, kemudian klik manual dan masukkan biaya per kliknya. Biaya tersebut akan dikenakan jika iklan anda dicari calon pembeli di luar hasil pencarian
  • Masukkan kata kunci yang relevan dengan produk anda, pilih anggaran dan klik simpan

Tips memilih kata kunci dalam beriklan manual ini menggunakan kata kunci spesifik yang bisa disesuaikan dengan produk, hal ini membuat produk anda mudah dicari di halaman pencarian karena cakupan kata kunci tersebut meningkatkan frekuensi produk tampil.

Meski cara aktifkan iklan di tokopedia cukup mudah, jangan lupakan anggaran anda untuk membuat produk anda lebih dikenal. Semakin besar budget anggaran, maka potensi produk anda dicari dan terbeli semakin besar. Karena itu anda perlu membudget anggaran setidaknya 40 kali tawaran sehingga ada kemungkinan produk anda laris manis.

Terlihat lebih efektif dan anda dapat membuat anggaran sendiri, iklan otomatis juga memiliki kelebihan dimana iklan tersbeut hanya dikhususkan untuk seller baru dan bekerja secara otomatis sehingga mudah digunakan. Hitungan per view dan hanya difokuskan pada beberapa produk membuat iklan otomatis juga disukai.

Kekurangan iklan otomatis, anda tidak dapat memilih produk yang ingin ditampilkan sehingga tampilan produk yang diiklankan akan random. Jika menggunakan iklan manual, maka seller lama dan baru bisa mencobanya dengan pengaturan spesifik mulai dari budget, CPC, dan hitungan per view serta fokus iklan bisa dipilih pada produk yang anda mau.

Sementara itu, cara membuat gratis ongkir di tokopedia mudah sekali. Ikuti cara di bawah ini :

  • Cari halaman tokopedia seller
  • Cari menu iklan dan promosi, pilih cari opsi bebas ongkir pada sebelah pojok kiri
  • Pastikan anda memiliki syarat aktivasi dan telah mengupgrade power merchant atau official store
  • Atur ponpoint di lokasi toko anda dengan aktifkan pengiriman si cepat dan anter aja
  • Kemudian centang semua syarat diatas dan klik tombol aktifkan bebas ongkir

Memberi gratis ongkir, seller dapat menjual lebih banyak produk saat diiklankan. Banyaknya kelebihan yang dimiliki iklan manual dibanding otomatis membuat setiap seller perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan iklan manual dan otomatis, karena mudah diatur dan mudah penggunaannya menjadikan iklan manual banyak dipilih saat ini.

Cara aktifkan iklan di tokopedia dengan iklan manual, memudahkan setiap seller mempromosikan produk yang mereka mau. Tidak heran jika iklan manual banyak dipilih dibanding otomatis karena lebih praktis dan memudahkan seller dalam beriklan di tokopedia.