Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Menghapus Cache Aplikasi di HP Android Dengan Mudah Dan Cepat


File cache, yang merupakan file sementara yang dihasilkan oleh aplikasi guna meningkatkan efisiensi kinerjanya, menjadi unsur integral dalam pengalaman pengguna di perangkat Android. Meskipun berfungsi untuk mempercepat operasional aplikasi, akumulasi file cache yang berlebihan dapat merugikan kinerja ponsel dengan menyebabkannya menjadi lambat dan mengonsumsi sejumlah besar ruang penyimpanan yang berharga.

Untuk mengatasi permasalahan ini, terdapat beberapa metode efektif yang dapat diterapkan untuk membersihkan file cache di perangkat Android. Berikut adalah 3 cara menghapus cache aplikasi di hp android.

1. Menghapus File Cache Secara Umum pada Ponsel Android

Cara hapus cache di metode ini dapat kamu terapkan di semua merk hp android. Cara ini juga akan menghapus semua file cache yang tersimpan di dalam hp androidmu.

  • Mulailah dengan membuka aplikasi pengaturan pada ponsel kamu. Temukan menu dengan ikon gigi atau roda gigi yang umumnya mewakili pengaturan sistem. Aplikasi ini dapat diakses dari layar utama atau didalam laci aplikasi.
  • Setelah masuk ke aplikasi pengaturan, carilah opsi yang berhubungan dengan penyimpanan. Ini mungkin biasa disebut sebagai menu "Penyimpanan ataupun Penyimpanan Ponsel," atau varian lainnya, tergantung pada antarmuka dan tata bahasa pada merk ponselmu.
  • Di dalam menu penyimpanan, temukan dan ketuk opsi yang merujuk pada cache data. Cache data adalah tempat penyimpanan sementara yang digunakan oleh aplikasi untuk meningkatkan respons dan kecepatan pengunduhan.
  • Setelah berada di dalam menu cache data, pilih opsi "Hapus" untuk mengonfirmasi penghapusan file cache dari seluruh aplikasi di ponsel Anda.


2. Menghapus File Cache dari Aplikasi Tertentu

Di cara yang kedua ini, kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin kamu hapus data cache nya. Kamu bisa memilihnya satu persatu sesuai dengan keinginan.

  • Buka pengaturan HP android kamu, lalu Di dalam menu Pengaturan, cari dan ketuk opsi "Aplikasi". Ini akan membawa kamu ke daftar semua aplikasi yang terinstal di perangkat androidmu.
  • Pilih Aplikasi yang Ingin Dihapus Cache-nya. Setiap aplikasi memiliki entri sendiri dalam daftar ini.
  • Begitu Anda memilih aplikasi yang dituju, kamu akan melihat informasi lebih lanjut tentang aplikasi tersebut. Pilih opsi "Penyimpanan". Ini akan membawamu ke halaman yang menunjukkan berbagai detail tentang penggunaan penyimpanan oleh aplikasi tersebut.
  • Di halaman Penyimpanan aplikasi, carilah opsi "Hapus Cache". Ketuk opsi ini untuk menghapus semua file cache yang terkait dengan aplikasi tersebut.


3. Menghapus cache Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga


Dalam upaya menjaga performa optimal perangkat Android, kamu dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus file cache. Beberapa opsi populer termasuk CCleaner, Files by Google, dan SD Maid. Selain menyediakan fungsi dasar menghapus cache, aplikasi-aplikasi ini juga menawarkan fitur tambahan seperti pembersihan file sampah, manajemen memori, dan pengelolaan aplikasi.

Namun, penting untuk diingat bahwa setelah menghapus file cache, sebaiknya melakukan restart pada ponsel untuk melihat hasilnya. Dengan melakukan langkah ini, kamu dapat memastikan bahwa perubahan yang dilakukan oleh aplikasi pihak ketiga dapat berjalan dengan optimal.