Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Laris Jualan Dengan Shopee Live Paling Efektif

Cara Laris Jualan dengan Shopee Live

Saat ini belanja dan berjualan tidak harus datang ke Mall karena sudah ada berbagai toko online yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Shoppe. Untuk Anda yang ingin berjualan di shopee, kini makin mudah dengan adanya fitur shoppe live.
Namun tentu dibutuhkan suatu Cara Laris Jualan dengan Shopee Live agar barang yang Anda dagangkan di shopee live ini bisa laris manis terjual. Berkembangnya E-Commerce ini tentu memberikan banyak keuntungan untuk Anda yang menjadi seller shopee. Karena kini menjadi semakin mudah saja untuk menjual barang yang kita inginkan.

Salah satunya dengan fitur shoppe live dan Cara Mendaftar Akun Shoppe Mall. Namun ternyata tidak semua penjual di shopee memahami tentang tips dan cara dalam berjualan dengan shopee live.

Cara Laris Jualan dengan Shopee Live yang Ampuh


Apabila Anda penasaran dengan Cara Laris Jualan dengan Shoppe Live, simak pembahasan di bawah ini:

A. Cara live di Shopee bagi Pemula


Sebelum masuk ke Cara Laris Jualan dengan Shopee Live, tentu Anda harus tahu terlebih dahulu cara untuk memulai live shoppe ini. Cara live di Shopee ini sebenarnya cukup mudah dan tidak ribet.

Anda perlu menjalankan aplikasi shopee dan masuk pada menu 'Saya'. kemudian, cari ke bawah sampai ada opsi 'Live Streaming'.
Berdasarkan dari situs bantuan Shopee, berikut ini adalah cara live streaming Shopee dengan mudah yang bisa Anda coba dengan mengikuti step by step nya:

  1. Pertama, silahkan Buka Aplikasi Shopee, kemudian kamu Pilih 'Menu Saya'
  2. Buka aplikasi Shopee yang ada di handphone Anda, setelah itu masuk ke menu 'Saya'. swipe ke bawah, dan Anda akan menemukan menu 'Live Streaming'.
  3. Silahkan kamu Tambahkan Data yang Di perlukan untuk melakukan Live Streaming.
  4. masukan berbagai data yang dibutuhkan untuk live streaming pada Shopee dengan jelas serta rinci, diantaranya judul, deskripsi, foto, dan produk yang akan ditampilkan ketika live streaming.
  5. Mulai Live Streaming di Shopee
  6. Apabila Anda sudah siap, Anda dapat menekan tombol 'Mulai Live Streaming' dan sesi streaming akan dimulai. Setelah itu followers toko Anda akan mendapatkan notifikasi di handphone mereka.
  7. Anda dapat memunculkan produk toko yang telah ditentukan sebelumnya dengan menekan tombol berbentuk tas belanja pada sisi kiri bawah. Apabila Anda mau menyudahi sesi live streaming Shopee, silahkan tekan tombol ' X ' yang terletak di sisi kanan atas.

B. Cara Laris Jualan dengan Shopee Live


Tentunya agar penjualan dengan shoppe live ini bisa efektif, Anda harus mengetahui beberapa tips dan trik agar bisa laris. Berikut adalah Cara Laris Jualan dengan Shopee Live yang bisa Anda coba:

  • Waktu sesi live

Sebagai rekomendasi, memilih waktu di hari kerja atau weekdays dapat menjadi momen yang tepat untuk menjalankan sesi live.

  • Konsep live streaming

Tidak cuma waktu, konsep live streaming juga perlu ditentukan agar live lebih terarah serta menarik. Diketahui kalau ada beberapa konsep yang dapat seller lakukan, contoh nya dengan memberikan tutorial produk, mereview produk, rekomendasi produk, atau mempromosikan produk baru.

  • Keperluan untuk live

Agar terlihat profesional, Anda sebaiknya Anda memakai alat penunjang live yang tentunya berkualitas agar bisa memperoleh kepercayaan para buyer. Setidaknya Anda bisa menggunakan kamera yang memiliki kualitas baik, koneksi internet stabil, tripod, serta ring light agar produk dapat terekam dengan jelas.

  • Host

Host bisa saja dipakai atau pun tidak untuk menjalankan sesi live yang tergantung kebutuhan. Apabila Anda akan memakai host dalam live shoppe ini, maka host harus menguasai konsep live, berpenampilan menarik, bicara dengan jelas, serta mempunyai gesture yang baik.

C. Keuntungan Menggunakan Shoppe Live


seringkali penjual melaporkan jika memperoleh keuntungan yang signifikan setelah melakukan live streaming. Selain dapat berinteraksi langsung dengan buyer, ada beberapa hal yang menjadikan live streaming ini dapat menaikan penjualan.
Ada berbagai penonton yang muncul di live streaming Anda dan mereka dapat langsung membeli produk toko Anda, dengan begitu penjualan dapat menaikan sampai tiga kali lipat serta followers baru akan bertambah sampai 15 persen tiap Anda menjalankan live streaming.

Anda dapat menjual sampai 200 produk tiap harinya dengan live streaming. Tidak hanya itu, ada fitur notif live streaming. Pembeli yang mengikuti toko Anda akan ada notifikasi apabila akan dimulai live streaming.

apabila produk yang Anda jual tidak ada di daftar produk toko, maka Anda dapat langsung menambahkannya dengan mudah walaupun live streaming tengah berlangsung. Dengan begitu, pembeli dapat langsung memasukkan produk tersebut pada keranjang mereka.

D. Cara Mendaftar Akun Shopee Mall dan Syarat – Syaratnya


Selain Shoppe live, Anda juga bisa memanfaatkan Shopee mall untuk menjual dagangan Anda. Berikut adalah beberapa persyaratan yang perlu Anda ikuti apabila ingin mendaftar shopee.

  1. Tipe usaha yang kamu miliki harus berupa CV, PT, koperasi, Distributor Firma, Persekutuan Perdata, Persekutuan Umum, usaha dagang, Persero, ataupun Individual.
  2. Pengusaha juga harus memperhatikan tipe merek yang dijual seperti yang sudah ditentukan
  3. Melengkapi dokumen pelengkap, contohnya: KTP, NPWP, NIB (Nomor Induk Berusaha)/SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), HKI (Hak Merek Dagang), Surat Resmi Penunjukan Distributor (Khusus Distributor), Sertifikat BPOM
  4. Penjual Shopee Mall juga wajib mengetahui persyaratan operasional seperti:
  5. Toko mempunyai >= 25 produk Toko memiliki persentase chat dibalas >= 75%, Toko memiliki penilaian >= 4.5, Toko memiliki >= 1 pesanan, Toko memiliki tingkat pesanan tidak terselesaikan (Non-Fulfillment Rate/NFR) <= 5%, Toko memiliki tingkat keterlambatan pengiriman (Late Shipment Rate/LFR) <= 5% Toko memiliki jumlah produk Pre-order <20% dari total produk Toko tidak memiliki poin penalti.
  6. Mengikuti standarisasi daftar produk Shopee Mal
  7. Apabila Anda sudah memenuhi berbagai syarat dan ketentuan yang diatas, maka saatnya daftar sebagai penjual di Shopee Mall! Berikut Cara Mendaftar Akun Shoppe Mall:
  8. Isilah formulir registrasi. Yang harus Anda isi adalah seputar toko online serta data diri macam nama brand, alamat email, dan lain sebagainya
  9. Setelah itu, pihak Shopee akan memeriksa dokumen dan kualifikasi Anda. apabila tidak ada masalah, maka Shopee akan menghubungi Anda paling lama 7 hari sesudah pengisian formulir
  10. Apabila berhasil maka Anda akan mengikuti pelatihan onboarding yang akan diinformasikan dari pihak Shopee.

Itulah pembahasan mengenai cara live di shopee dan juga Cara Laris Jualan dengan Shopee agar barang dagangan Anda