Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Hp Dengan Benar Agar Tahan Lama

 


Hp atau smartphone merupakan sebuah alat komunikasi yang hampir tiap orang memilikinya pada saat ini. Seiring dengan perkembanganya, smartphone telah dibuat sekuat mungkin agar alat ini dapat bertahan saat digunakan mengingat hp jaman sekarang hampir selalu digunakan setiap waktu secara real time. Namun walau demikian kita harus senan tiasa menjaga dan merawat hp tersebut dengan benar agar awet.

Beberapa tahapan cara perawatan sebuah smartphone dapat kamu simak di artilel ini.

1. Bersihkan Kotoran Yang Melekat Pada Smartphone


Hal sepele ini merupakan yang paling umum diabaikan oleh para pengguna smartphone. Padahal kotoran atau debu yang menempel secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap keawetan dan performa smartphone itu sendiri. Dengan menempelnya debu pada body dan layar maka daya sentuhan pada layar akan menjadi berkurang dan lama kelamaan layar tersebut akan erorr.

Begitu juga kotoran yang menempel pada bagian body lambat laun akan membuat smartphone kesayangan kamu korosi. Debu yang melekat pada port atau komponen lobang juga dapat merusak kinerjanya isal hp tidak dapat melakukan pengisian daya sebagai mana mestinya akibat korosi. Oleh karena itu, bersihkan hp kamu secara berkala dari debu.

2. Rajin Merawat Bagian Software


Software merupakan sistem operasi yang menjalankan smartphone beserta semua aplikasi yang terpasang didalamnya. Untuk cara perawatan pada bagian ini, kalian bisa secara teratur melakukan update atau pembaruan perangkat lunak jika tersedia. Kontrolah aplikasi yang terpasang pada hp kalian, jika dirasa ada aplikasi yang sudah tidak kalian butuhkan, lebih baik kalian uninstall saja.

Perlu diketahui aplikasi yang terpasang pada hp android terkadang selalu berjalan pada latar belakang walaupun kalian tidak memakainya. Dengan begitu aplikasi yang mungkin sudah tidak dibutuhkan akan berjalan dan memakan sumberdaya pada perangkat jika tidak kalian uninstall atau hapus.

3. Selalu Melakukan Restart Pada Smartphone


Smartphone yang bekerja atau menyala terus menerus akan mengalami erorr pada software seiring dengan pemakaian sehari hari. Erorr tersebut biasanya tidak terlihat dan lalian tidak akan menyadarinya. Namun, hal tersebut akan membuat komponen bekerja lebih extra mulai dari processor, ram, dan GPU. Dengan demikian, komponen tersebut tidak akan tahan lama jika dibiarkan terus menerus.

Untuk menghindari hal diatas, kamu harus rajin melakukan restart hp kamu minimal tiap 24 jam sekali. Karena dengan melakukan restart maka semua sistem dan aplikasi akan dimuat ulang secara fresh. Untuk mrlakukan restart kalian cukup menekan dan tahan tombol daya untuk kemudian plmemilih restart/reboot atau muat ulang. Bisa juga dengan cara mematikan smartphone lalu menghidupkanya lagi.

4. Rajin Menghapus File Sampah


File sampang terkadang dianggap sepele oleh para pengguna smartphone, padahal file tersebut secara tidak langsung dapat merusak komponen memory dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, rajinlah menghapus file sampah ataupun file yang tidak dibutuhkan agar daya tahan smartphone menjadi optimal.

Kalian dapat menghapus file sampah tersebut secara manual atau jika tidak mau repot, kalian dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat kalian download pada google play store seperti ccleaner, avast cleanup, spped booster, clean master dan masih banyak yang lainya.

5. Jangan Biarkan Baterai Selalu Kosong


Menggunakan smartphone memang mengasyikan hingga kita selalu menhenakanya tanpa peduli kondisi energi yang tersisa pada perangkat tersebut. Namun, membiarkan smartphone dengan baterai dibawah 15% secara sering akan merusak komponen pada baterai tersebut dalam jangka panjang.

Oleh sebab itu, selalu lakukan pengisian daya segera setelah baterai pada perangkat kamu mendekati 15%. Dan jangan terlalu sering melakukan pengisian daya menggunakan powerbank. Sebaiknya gunakan powerbank disaat darurat saja yang sekira tidak dapat menjangkau listrik seperti pada perjalanan, kemping dan aktifitas lainya yang jauh dari listrik.